Yang buruk tidak selalu buruk

Hai, di tulisanku kali ini aku mau sedikit cerita tentang ujian yang kemarin baru aja aku ikuti, karena aku seneng banget akhirnya berhasil menyelesaikan ujian itu dan aku ngga mau proses itu ilang gitu aja di kepalaku, jadi aku mau tulis ini di sini.

Jadi kemarin, tepatnya 9 Januari 2020, adalah hari ujian salah satu matakuliah wajib di prodiku, yang intinya kita membuat sebuah project kursi sesuai desain yang kita buat sendiri tentunya, yang berwujud 1:1 alias wujud asli, nyata, yang bisa didudukin. Sebenarnya, waktu yang diberikan oleh dosen untuk membuat project ini cukup lama, sebulan lebih, mulai awal Desember tahun kemarin sampai Januari sebelum tanggal 9 ini. Tapi, kendala yang aku alami selama proses perwujudan ini lumayan banyak, terutama pada timeline schedule yang sudah aku buat, itu mundurnya parah banget. Wajar, sih, karena tempat yang aku pilih ini lumayan besar, projectnya dari berbagai daerah, kliennya banyak yang dari luar negeri juga. Aku ngga bisa protes banyak juga, karena emang project-ku ini cuma aku buat sebiji, sedangkan klien-klien yang lain pesennya sampai ratusan.

Tahap pertama, aku minta dari pihak pelaksana buat bikin sampelnya dulu, dan alhamdulillah sesuai sama gambar yang udah aku buat. Tapi, setelah sempet buat sampel ini, aku baru ngeh kalau ternyata ada sedikit masalah dari desain yang aku buat. Kalau dibiarin, aku pikir itu bakal fatal banget yang bisa-bisa waktu didudukin, kursinya bisa ambruk. Mau ngga mau, akhirnya aku revisi lagi, buat mal atau pola yang kedua, dan tentu itu juga pake biaya lagi. Karena mal yang aku buat ini aku pake jasa laser cutting. Oh iya, project kursiku ini bahannya pakai kardus, jadi gampang-gampang susah, ya buatnya, perlu perhatian ekstra karena sifat kardus yang emang beda dari karakter material lain pada umumnya.

Rangka sebelum direvisi.

Rangka setelah direvisi, lubang-lubangnya jadi punya jarak satu sama lain.

Karena tanggal 28 baru sempet buat mal yang kedua, akhirnya proses pengerjaan untuk buat rangka kursi lanjutan, baru bisa dilakuin setelah tahun baru, yang artinya aku harus nunggu sekitar semingguan lebih. Tanggal 7 para pekerjanya baru mulai aktif lagi, dan tanggal 8 baru bisa di kerjakan. Pada saat-saat itu, aku merasa sedih banget karena salah milih tempat. Tapi anehnya, aku ngga kesel atau marah, karena aku yakin hasilnya bakal bagus. Tapi lagi, ternyata apa yang aku ekspektasiin hasilnya ngga sampai kesana. Kardusku banyak yang bolong, lalu beberapa lubangnya banyak yang agak geser dan ngga sesuai sama mal yang aku kasih. Aku makin sedih karena ngelihat hasilnya yang udah kaya gini saat H- beberapa jam waktu ujian. Jam 10 malem aku baru bisa ambil dan lihat hasilnya. Udah ngga bisa ngapa-ngapain lagi, dan hanya bisa ngelakuin yang sebaik-baiknya buat bisa nutupin kecacatan dari pekerjaan itu. Walaupun cukup parah, aku berusaha ngga sampaiin ke orang yang sudah berusaha buat kerjakan project-ku, karena aku tahu mereka masih awam banget sama material ini, dan aku yakin mereka sudah berusaha sebaik mungkin buat ngikutin gambar yang aku kasih. Ini bisa menjadi pelajaran banget buat aku...

Jam 12 malem, aku baru sampe rumah, karena harus gotong perlengkapan dan bahan-bahan lain biar bisa aku rakit di rumah. Sampe rumah, papa ngga komen apa-apa tentang project yang aku buat, karena jujur hal pertama yang aku takutin adalah komentar papa tentang apa yang aku kerjakan. Dan ngelihat hasilnya kaya gini aja udah buat aku sedih, gimana nanti kalo diomelin papa. Tapi untungnya engga. Setelah itu, aku begadang ngerapihin bagian-bagian yang berserabut di daerah potongan kursi. Lalu, dilanjut dengan ngasih lem putih ke seluruh badan kursi. Aku ngga tau kenapa aku ngasih lem putih ke seluruh badan kursi, seingatku karena lem putih kalau kering permukannya jadi agak glossy, makanya aku lakuin itu. Setelah capek, aku tidur jam 2 lebih, lalu bangun lagi jam 5 buat siap-siap.

Ujiannya masih jam 9, tapi aku masih ngga puas sama hasil kursi ini yang bener-bener ngga rapih. Aku sempet merasa pengen nunda ujian, karena emang bener-bener ngga siap banget sama komentar dosen. Alhasil, jam 10 kurang aku baru sampe kampus dan naruh karya di ruang ujian. Deg degan. Aku udah pasrah sama hasil yang aku dapetin nanti. Walaupun aku merasa kurang maksimal, aku tetap bangga dengan karya yang udah aku kerjakan. Semalem cuma tidur 3 jam, ngerakit kursi sendiri, dan ngefinishing kursi sendiri sampai selesai, merupakan sebuah perjuangan yang membanggakan. Aku lihat project teman-teman yang lain bagus dan rapih banget.

Waktunya penilaian, namaku dipanggil. Perasaanku ga karuan waktu itu, antara takut, tapi seneng juga. Sesaat sebelumnya Kaprodi (Kepala Program Studi) atau Ketua Jurusan-ku baru aja datang dan berniat ngelihat ujian kami. Beliau terkenal dengan komentarnya yang pedas soal karya mahasiswanya. Aku takut banget beliau komentar yang buruk-buruk ke project ku di depan teman-teman. Tapi, saat aku dipanggil untuk ujian, dosen penguji malah mempersilahkan bapak Kaprodi untuk tanya-tanya tentang project yang aku buat. Beliau mempertanyakan cara pembuatan, dan memang tanya soal finishing yang aku pake, dan mengkritik kurang rapi. Bentuknya juga masih agak kaku, dan kurang luwes. Dibalik itu semua, Kaprodi ternyata meminta aku buat jadi pemateri workshop di sekolah. Kebetulan, workshop yang sudah pernah dilakukan sebelumnya adalah tentang kardus tube atau kardus rol bekas banner yang biasanya dijadiin buat bikin celengan, belum pernah ada yang angkat buat kursi, katanya. Dari situlah kebanggaanku makin bertambah, karena akhirnya walaupun nanti nilaiku ngga seberapa karena appearence dari kursi ini, setidaknya bisa bermanfaat buat orang lain. Aku seneng banget waktu dapat tawaran itu, karena memang salah satu goal dalam hidupku adalah aku ingin memberikan ilmu yang aku pelajari kepada orang lain, sekecil apapun ilmuku. Awalnya aku ngga tahu gimana caranya karena aku merasa aku bukan siapa-siapa. Dan mungkin ini adalah jawabannya.

Aku harap ini merupakan sebuah awal dari sebuah cerita baru yang akan datang nantinya. Aku harap juga aku bisa semakin banyak membagikan ilmu-ilmuku kepada orang yang membutuhkannya. Semoga teman-teman yang baca blogku kali ini bisa sedikit memberikan wawasan dan motivasi agar selalu berbuat kebaikan, sekecil apapun itu.

Terima kasih! Sampai ketemu di tulisan berikutnya!

Popular Posts

Thank you, 2021

Menyusuri Lorong Kehidupan: Pencarian Terang di Tengah Kegelapan

Menerima kegagalan