Perjalanan Menuju Mimpi: Harapan Lulus JLPT N3

Hola! Tanggal 4 Desember lalu, aku abis ambil ujian JLPT N3, nih. Hasilnya baru keluar kira-kira pertengahan bulan Februari 2023. Masih lama, sih, ya, tapi beneran aku nggak sabar banget buat bisa tau hasilnya. Lulus kah, atau malah sebaliknya :( Berdo'a aja deh, ya, semoga bisa lulus! Aamiin.

Nah, masih berkaitan dengan itu, aku mau curhat sedikit tentang proses belajar bahasa Jepangku sampai saat ini dan rencana untuk kedepannya. Well, semenjak aku ikut kursus bahasa Jepang 3 bulan yang lalu, aku bisa ngerasain banget kalau kemampuan bahasa Jepangku perlahan-lahan meningkat. Bukan yang drastis banget, tapi setidaknya setiap hari aku bisa belajar kata baru. Apalagi, aku juga berusaha bikin catatan hasil belajar itu di Twitter, dengan begini, aku bisa dapat feedback dari teman-teman Jepangku kalau misalnya aku nulisnya salah atau ada kurangnya. Intinya, aku bener-bener menikmati proses belajar ini.

Kemudian, sambil nunggu hasil ujian JLPT keluar, aku bikin rencana kasar tentang pembelajaran bahasa Jepangku ini. Jadi, kalau misalnya nanti tahun depan aku lulus N3 (aamiin!), aku mau tetep beresin materi N3 ini sampai bulan Juni 2023 (karena emang kursusnya, tuh, baru abis 6 bulan lagi). Nah, setelah itu, bulan Juli 2023, aku mau nyoba ambil ujian JLPT N2 buat ngukur kemampuanku sampe mana. Tapi, kalau justru di Februari 2023 hasil JLPT N3-ku ternyata nggak lulus, otomatis Juni 2023 aku pake buat ambil N3 lagi.

Kata sensei, dengan punya JLPT N2 aja udah bisa sebenernya buat kerja di Jepang. Waaaah, ngedenger itu rasanya lega banget. Harapanku semakin tinggi buat bisa ke Jepang. Kalau aku udah bisa lulus sampe N3, berarti, kan, kurang satu tingkat lagi buat sampe ke N2.

Kalau ditanya, emang di Jepang mau kerja apa? Yang terlintas dipikiranku, aku mau ngajar bahasa Indonesia. Udah. Titik. Bagaimana pun, aku cuma mau kerja sebagai profesi itu. Yaaa kalau pun nggak harus ngajar, aku mau jadi orang yang bikin materi bahasa Indonesia atau mengorganisasi kelas bahasa Indonesia. Tapi, paling utamanya aku pengen jadi guru bahasa Indonesia. Hehe, しつこいですよね (keras kepala, ya) 😅.

Oke, buat sampe ke tahap itu, aku harus belajar bahasa Jepang dengan serius, sambil mencari jalan buat mewujudkan mimpiku pergi ke Jepang. Ya Allah, dari SMP, tuh, udah cita-citanya pengen ke Jepang, entah kenapa. Tapi sampe sekarang, belum kesampean juga. Gapapa, memang belum waktunya. Nggak boleh suudzon dan berburuk sangka sama Allah. Pasti Allah bakal ngasih kalau udah waktunya. 😁👍

Popular Posts

Thank you, 2021

Menyusuri Lorong Kehidupan: Pencarian Terang di Tengah Kegelapan

Menerima kegagalan