Masker Beras? Kenapa Tidak

Halo, bagaimana kabarnya, cantik? Pada entri kali ini, saya ingin membagikan sebuah tips yang sangat mudah untuk dilakukan yang tentunya sehat, alami, dan halal untuk kalian khususnya para kaum wanita yang ingin tampil tetap cantik dengan budget sangat minim.

Pasti kalian semua tidak asing lagi dengan salah satu jenis bahan pokok ini, beras. Baik beras putih maupun merah, mengandung banyak sekali manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, saya ingin membagi tips tentang bagaimana membuat masker sehat dengan memanfaatkan bahan pokok satu ini.

Baik di antara kalian pasti pernah mendengar, bahwa cara mencuci beras yang baik tidak boleh lebih dari 2 kali atau jangan sampai air terlalu bening/bersih. Itu benar. Karena, kandungan zat yang melekat pada beras akan hilang atau larut dalam air apabila kita mencucinya dengan terlalu bersih. Jadi, sia-sia saja apabila kalian menginginkan mengonsumsi beras yang sehat namun justru kalian membuang air cucian beras secara cuma-cuma dengan alasan higienis atau takut cacingan.

Nah, sekarang, saya mempunyai sebuah ide yang tentunya sangat bermanfaat. Air cucian beras yang pertama, dapat kalian simpan ke dalam sebuah wadah  yang bersih, lalu tutup menggunakan plastik dan simpan selama semalaman sebelum digunakan. Perlu diingat, kalian hanya boleh menyimpan air cucian beras yang pertama ini. Mengapa? karena, biasanya air cucian beras yang pertama ini sangat keruh, hal ini dikarenakan banyak vitamin yang larut dalam air cucian yang pertama ini, loh! Maka itu, jangan dibuang sia-sia.

Untuk penyimpanannya, kalian bisa taruh saja di dalam kamar atau dalam kulkas. Kata guru saya yang memberi tips ini, beliau menyarankan agar ditaruh di dalam suhu ruang (kamar). Tapi kekurangannya adalah, air tersebut akan berubah bau menjadi sangat kecut. Tapi beliau juga menambahkan, bahwa hal ini wajar, karena itu disebabkan oleh zat-zat vitamin yang banyak pada beras. Semakin bau air tersebut, semakin banyak pula vitamin yang terkandung di dalamnya. Namun, bagi kalian yang merasa kurang nyaman menggunakan masker dengan bau yang menyengat, saya juga pernah mencoba untuk menyimpan air tersebut ke dalam kulkas selama 1 malam sebelum digunakan. Tujuannya hanya lah agar air tersebut tidak berbau dan terjaga dari bakteri. Tak lupa, saya juga menutupnya dengan plastik agar tidak tertetes air dalam kulkas.

Penggunaan :
①   Pertama, kalian bisa melihat perbedaan air saat pertama kali disimpan hingga setelah 1 malam disimpan. Air yang sudah semalaman disimpan akan terlihat lebih bening, itu dikarenakan endapan air cucian beras mengendap di dasar wadah.
②   Nah, selanjutnya kalian buang air yang bening itu, dan sisakan endapan air cucian beras tersebut ke dalam wadah tadi. Kalian tidak perlu membutuhkan saringan atau alat apa pun untuk menyaringnya, karena biasanya endapan ini akan menempel pada dasar wadah walaupun kalian memiringkannya.
③   Langkah ketiga adalah mencuci/membersihkan wajah dan leher kalian menggunakan sabun pencuci muka, atau untuk hasil yang lebih baik kalian bisa mencuci wajah kalian menggunakan air cucian beras yang lain (air cucian beras untuk mencuci beras disisakan saat pada hari itu kalian mencuci beras, jadi bukan air cucian beras yang kemarin). Setelah mencuci wajah dan leher kalian, keringkan menggunakan handuk. Bila kalian merasa area leher belum dapat tercuci dengan baik, kalian dapat menggunakan cleanser seperti Viva Cleanser atau cairan pembersih pada suatu produk kosmetik.
④  Kalian bisa langsung mengaplikasikan endapan cucian beras ke wajah kalian secara merata, dan biarkan endapan-endapan tersebut mengering di wajah kalian. Dari sini kalian mulai bisa merasakan kulit wajah seperti dikencangkan.

Note : penggunaan masker ini lebih baik dilakukan saat hendak tidur pada malam hari, karena kulit dapat beristirahat serta kulit biasanya memperbaiki sel-sel yang mati pada malam hari atau saat kalian sedang istirahat.

Keesokan harinya saat hendak memulai hari, kalian pasti mandi, dong. Nah, saat mandi itulah kalian baru bisa membersihkan masker-masker yang mengering di wajah kalian menggunakan air biasa, bukan air hangat ataupun dingin. Sebaiknya, saat membersihkan wajah jangan menggunakan sabun cuci muka atau sejenisnya. Namun, kalian boleh mengaplikasikan krim-krim wajah seperti hendak bermake up.

Manfaat :
①  Mengencangkan kulit wajah
②  Menghaluskan dan meratakan kulit wajah
③  Mengurangi minyak berlebih pada wajah yang berminyak/oily

Penggunaan ini berdasarkan pengalaman pribadi, ya. Jadi bukan copas gitu. Selain itu, untuk manfaat yang saya tulis di atas juga berdasarkan manfaat yang saya rasakan menggunakan masker alami ini. Oh iya, untuk hasil yang lebih baik, kalian bisa menggunakannya setiap hari, loh! Yang saya kira tanpa ada efek sampingnya :)

Sekian tulisan dari saya yang cinta akan produk-produk alami dan murah, semoga bermanfaat!

Popular Posts

Thank you, 2021

Menyusuri Lorong Kehidupan: Pencarian Terang di Tengah Kegelapan

Menerima kegagalan