Belajar menjadi penulis

Udah hampir sebulan aku ngga nulis di blog ini. Sungguh, sebuah perbedaan yang signifikan banget, karena bulan lalu aku sempet nulis sampe 9 entri dalam sebulan, sedangkan ini udah jalan setengah bulan, tapi justru ini baru tulisan pertama di bulan ini.

Kali ini, aku mau bener-bener fokus mencari gaya tulisan yang cocok sama aku. Aku pingin nulis secara jujur. Dan aku bener-bener pengin ngejalanin tahap ini secara mindful, karena bagiku, nemuin gaya tulisan itu sebuah tahap yang krusial dan ngga gampang. Jadi, maklum banget, kalo misalnya ada temen-temen yang lagi baca tulisan ini dan ngerasa beda banget sama tulisan terakhirku. 

Entah, tulisan kali ini aku mau fokus sama masalah yang akhir-akhir ini lagi banyak banget terjadi, atau mau ceritain perkembanganku selama 1 bulan terakhir. Ngga bisa dibilang perkembangan yang kaya gimana-gimana, sih, tapi baru-baru ini tuh sebenernya aku mau mulai bener-bener serius nulis. Jadi baru kemarin lusa aku beli kursus online di internet tentang menulis, dan mulai belajar dari sana. Rasanya itu, kayak ada keseruan tersendiri. Ada tantangan baru. Ada hal baru yang bisa bikin aku belajar dan introspeksi, kalo ternyata tulisan aku selama ini itu ngga cukup baik.

Jujur, bisa dibilang aku itu adalah penulis yang egois. Penulis yang ngga mau belajar dari tulisan orang lain. Penulis yang terlalu idealis, dan menganggap kalo tulisannya sendiri itu udah cukup baik, jadi ngga perlu lagi buat baca-baca tulisan orang lain. Tapi, sebenernya itu salah. Justru, hal itu yang ngebikin aku ngga bisa berkembang. Aku ngga tau progresku udah sampe mana, kemampuan menulisku udah cukup baik atau belum. Aku ngga tau kekurangan dan kelebihan dari tulisanku. Dan itu ternyata yang ngehambat dan ngerugiin aku sendiri. 

Ini baru awal, sih. Aku sadar, kalo perjalanan menjadi seorang penulis itu ngga gampang. Pasti ada banyak banget hal-hal tentang penulisan yang aku sama sekali ngga tau. Dan hal pertama yang harus aku lakuin adalah dengan selalu mau belajar dari orang lain. Baca. Cari referensi gaya tulisan orang lain, dan coba buat punya mindset kalo aku adalah pemula dan ngga tau apapun soal menulis. Buat aku yang seorang idealis, tentu aja ini ngga mudah, apalagi aku masih belum nemuin gaya tulisan yang cocok. Tapi, aku mau coba semuanya. Aku mau cobain satu-satu dan ngejalanin tahap pencarian 'jati diri' ini secara mindful.

Popular Posts

Thank you, 2021

Menyusuri Lorong Kehidupan: Pencarian Terang di Tengah Kegelapan

Menerima kegagalan