Hujan

Itulah hal yang paling aku suka, diantara sekian banyak hal-hal lain yang ku suka.

Hujan, entah mengapa tidak sedikit orang yang mengeluh-eluhkan kehadirannya. Mungkin karena kehadirannya yang tak diinginkan, dan sering membuat bumi ini bermasalah.

Namun, Tuhan memang-lah yang Maha Adil. Ketika sebagian orang mengeluh tentang kehadirannya, di lain sisi orang akan merasa beruntung.

Ya, misalnya saja tempat makan kaki lima. Mau tak mau, para pengendara yang tak bisa melanjutkan perjalanannya harus berhenti dan mencari tempat untuk berteduh, apapun itu, ia harus berhenti. Tak jarang, orang-orang akan berhenti di emperan toko yang telah tutup, juga berhenti sekaligus makan di kaki lima sambil menunggu hujan reda. Itu menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang.

Juga, di musim hujan aku sering melihat banyak orang yang berjalan kaki sambil menuntun motor mereka, mencari-cari dimanakan dokter angin berada.

Selain itu, di musim hujan juga aku sering melihat anak-anak usia 10 tahun sampai belasan tahun rela hujan-hujanan dan main-main dengan air yang tergenang   menunggu korban (mobil) yang terjebak di tengah banjir. Setelah menemukannya, maka orang itu akan meminta tolong anak-anak yang berada di sekitar situ untuk mendorong mobilnya menuju tempat yang tidak tergenang air. Tak lupa pada akhirnya anak-anak itu akan diberi upah.

Satu lagi yang pernah aku lihat.
Saat hujan, banyak anak-anak yang berhujan-hujanan di sekitar mall dan area parkir yang dekat dengan mall. Namun, anak-anak itu tidak sekedar main dan berhujan-hujanan di sana, mereka juga menjadi "Ojek Payung" yang diupah seikhlasnya. Ya, sambil menyelam minum air; sambil bersenang-senang, ya cari duit juga.

Allah sungguh Maha Adil. Ia tidak ingin melihat umat-Nya yang berada di sisi "lain" terus-terusan berada di situasi yang sama tanpa adanya perubahan. Ia akan mencari cara bagaimana agar seluruh umat-Nya bisa merasakan berkah yang Ia berikan.

Bagi kita yang (Alhamdulillah) merasa tercukupi segala hal, sudahkah kita mengucap syukur hari ini?

Popular Posts

Thank you, 2021

Menyusuri Lorong Kehidupan: Pencarian Terang di Tengah Kegelapan

Menerima kegagalan