Magang Bareng Temen vs Sendirian (based on true story)

   Kamu magang sendirian? Emang enak? Ngga ada yang bisa diajak ngobrol, tau!
   Kamu magangnya sama si A? Ngga risih apa? Dia kerjanya ngga pernah beres, loh!
   Kamu magang sendirian? Cie yang ngga punya temen..
   Kamu satu tempat magang sama si B & C? Cie Keluarga Bahagia cie...

   Kalau kamu mandang orang yang magangnya sendirian itu : kuper, ngga punya temen, kerjanya lelet, ngga bakal bisa berkembang, nilai magangnya jelek, bahkan jomblo, itu salah besar! Ngga semua orang yang magang sendirian kaya gitu, kok.
   Terus, kalau kalian mandang orang yang magangnya sama temen, bestfriend, sobat, atau apalah itu : pinter, kerjanya cepet (soalnya bareng-bareng gitu), keliatan 'wah', gaul abiss, nilainya magangnya bagus, punya gebetan banyak, itu juga salaah!

Terus, yang bener gimana?
  
  •    Detik-detik pertama masuk magang
Bareng temen : "Kita disini bakal niat magang, kualias kerja bagus dan taat aturan. Kita disini ngga ada niat lain selain itu. Pokoknya kerja, kerja, dan kerja."
Sendirian : "Ya diusahain aja, bu. Semoga saya betah disini." (pasrah)
  •    Satu bulan kemudian
Bareng temen : "Haha, asik juga kalo sama temen. Bisa gosipin si Abang kece yang unyu badhay uhuyy terus, nih! Kerja bakal lebih semangaattt!"
Sendirian : "Aku ngga yakin kalo bisa, nih. Rasanya pengen nyerah. Aduh, si Abang lewat. Aku harus ngapain? Aku harus ngomong sama siapa, nih?"
  •    Dua bulan kemudian
Bareng teman : "Bahas yang lain dong. Bosen ngomongin itu mulu. Lagian aku juga lagi kerja. Ntar saja ya ngomongnya."
Sendirian : "Ah, kerjaanku sudah hampir selesai. Pulang bisa lebih on time."
  •    Tiga bulan kemudian
Bareng teman : "Dia (temennya) pakai ngga masuk lagi. Kan kerjaannya jadi aku semua yang ngerjain. Awas saja ya kalo sampe masuk!"
Sendirian : "Yes, aku dapet ilmu baru lagi!"
  •    Empat bulan kemudian
Bareng temen : "Ih, kok dia bisa deket sama Abang kece itu sih? Sebel, deh! Sebel, sebel, sebeell!
Sendirian : "Wah, ternyata orang-orang disini baik-baik semua. Si Abang juga ternyata baik sama semua orang. Aku jadi kagum.. Pokoknya disini seru!"
  •    Lima bulan kemudian
Bareng temen : "Semakin lama dia semakin bikin aku bete. Aku jadi ngga semangat magang lagi. Besok aku mau bolos aaja. Males ketemu. Pokoknya cepet-cepet selesai magang aja deh."
Sendirian : "Rasanya aku ngga ingin dapet hari libur, aku ingin banget ketemu sama orang-orang sini yang pada baik banget. Aku ngga pengen keluar dari sini."
  • Last Day (Hari Terakhir Magang)
Bareng temen : "Aduh, aku udah nyerah. Ngga kepikiran lagi sama nilai magangku. Hubunganku sama orang-orang sini juga dinilai buruk karena jarang memperhatikan perintah senior, aku juga sering bolos magang."
Sendirian : "Alhamdulillah, komentar mereka semua baik-baik tentang aku, mereka juga telah menawarkan pekerjaan setelah lulus sekolah nanti. Ini semua karena aku niat mencari ilmu disini, sehingga waktu 6 bulan disini juga tidak terbuang sia-sia."

***
 
   Jadi, kesimpulannya buat kalian yang magangnya sendirian, jangan takut, karena actually, kamu ngga sendirian. Disana bakal ada banyak orang-orang baru yang siap jadi temen buat kamu!
   Terus, buat yang magangnya barengan sama temen, usahakan selama magang itu kalian ngga keganggu, fokuskan tujuan kalian untuk cari ilmu dan pengalaman, bukannya malah cari perhatian ke para cowok-cowok. Nanti bukannya dia malah kesemsem, eh, yang ada malah ilfil, loh :)
   Sekali lagi, entri ini aku tulis berdasarkan true story aku. Periode magang 13 Oktober 2015 - 13 April 2016. Kalau ada yang tanya : "kakak yang mana?" aku jawab : "Aku yang oranye." :)

Popular Posts

Thank you, 2021

Menyusuri Lorong Kehidupan: Pencarian Terang di Tengah Kegelapan

Menerima kegagalan