Nasihat tentang dua hari penting

Lebaran lalu, yang mana orang lain sibuk bersilahturahmi dengan sanak saudara, saya malah harus pergi ke suatu tempat karena ada urusan lain saat itu. Ini pertama kalinya bagi saya untuk bepergian keluar, sendirian, di hari penting seperti ini. Saya berniat untuk pergi menggunakan jasa ojek online. Dan, saya baru menyadari, bahwa saya mengalami kendala mendapatkan driver. Masuk akal juga. Mungkin, akan membutuhkan waktu lama sampai ada driver yang memang sedang luang. Akhirnya, setelah menunggu hampir 1 jam, muncul pemberitahuan di aplikasi bahwa ada driver yang menerima orderan saya. Saya merasa sangat lega. Hanya membutuhkan 5 menit bagi driver untuk menuju lokasi penjemputan.

"Lebaran gini, nggak susah ketemu driver, Mbak?" Begitu sampai, bapak itu bertanya dengan mata yang tersenyum. Saya membalas pertanyaan itu dengan keluhan yang saya alami. Dan ternyata, bapak ini tidak luang seperti yang aku perkirakan. Malahan, beliau sudah beberapa kali menerima orderan sejak pukul 6 pagi. Artinya, sudah 3 jam beliau terus berkendara tanpa henti. Namun, bapak itu tidak mengeluh capek sama sekali. Justru, saya melihat raut kebahagiaan karena pada momen inilah merupakan kesempatan bagi beliau untuk bisa meraup hasil yang lebih banyak. Saya hanya bisa bersyukur karena beliau masih mau menerima orderan saya, walaupun kami harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh, sekitar 45 menit untuk sampai di tempat tujuan.

Setelah berbasa-basi dan sedikit berbagi keluh, akhirnya kami sepakat untuk memulai perjalanan.

Kalau ditanya bagaimana perawakannya, sebenarnya saya ngga bisa ingat ingat secara detail. Sekilas, ngga ada yang spesial dari penampilan beliau. Saya melihat beliau sama seperti driver pada umumnya.

Di sepanjang perjalanan dari kawasan industri, Sidoarjo, menuju Kota Madya Surabaya, kami hampir tidak menemukan kemacetan. Saat itu, jalanan lumayan lengang dan kosong, sehingga si Bapak bisa mengendarai motor dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Sesekali, kami saling bertanya sambil menyelipkan berbagai cerita kecil. Si bapak gojek ini juga sempet tanya di mana saya ngerantau dan gimana perasaannya karena akhirnya lebaran tahun ini bisa mudik.

Sampe akhirnya, di tengah-tengah obrolan, saya cerita kalo sebenernya saya lagi bingung sama hidup saya, berharap bisa dapet pencerahan. Saya bilang, kalo saya lagi bingung mau fokus ngerjain apa karena saat ini saya lagi pengen nyoba banyak hal. Secara ngga disangka, beliau bilang, “boleh, nggak, saya kasih tau caranya, Mbak, biar Mbak ngga bingung sama hidup Mbak?” Dengan senang hati, saya mengiyakan, walaupun jauh di lubuk hati saya sebenernya udah berasumsi bakal dikasih tips-tips yang lumayan banyak saya denger dari orang lain, kayak “hiduplah sesuai passion”.

“Kalo selama Mbak hidup, Mbak harus tau 2 waktu. Kedua waktu ini jangan pernah dilupain, karena mereka yang bakal ngebentuk diri Mbak selama Mbak hidup. Pertama, hari dimana Mbak lahir ke dunia ini. Mbak pasti inget, kan, sama hari itu?”

“Oh, jelas inget, Pak,” Agak sedikit bingung sebenernya kenapa saya harus nginget hari lahir saya. Tapi, bener juga, sih.

“Dan kedua… Mbak bisa tebak hari apa?”

Saya bingung. “Hari pernikahan, Pak?” Saya jawab sambil ketawa kecil setelah saya diam sejenak.

“Bukan… tapi, hari di mana Mbak sadar apa tujuan Tuhan nyiptain Mbak di dunia ini.”

Deg. Saya langsung terdiam, karena jawabannya bener-bener diluar dugaan saya. Saya sama sekali ngga paham apa artinya, karena saya sama sekali ngga bisa ngerti apa hari yang dimaksud. Sejenak, saya juga bikin jawaban penyangga yang kedengerannya sangat amat tinggi hati sekali, berusaha tau segalanya: “kenapa saya harus tau itu? Kan, dari SD udah diajarin…” Tapi, saya simpen itu di dalem hati. Saya coba buat cari tau dengan bertanya lebih dalam apa maksudnya.

“Kalo Mbak udah sadar tentang tujuan Tuhan nyiptain Mbak di dunia ini, Mbak bakal bisa ngejalanin hidup jadi lebih ringan. Mbak tau Mbak mau ngapain di dunia ini. Mbak tau apa yang bisa Mbak lakuin biar hidup jadi punya makna dan sesuai dengan apa yang Tuhan mau. Karena menurut saya, kebanyakan orang lebih dulu action sebelum bener-bener ngerti apa tujuan mereka diciptain di dunia ini.”

Bener juga. Mungkin saya juga salah satunya, yang bingung mau ngapain dulu daripada cari tahu lebih dalam tentang apa tujuan Tuhan menciptakan bentukan manusia seperti saya. Soal melakukan apa yang Tuhan mau… jujur, saya ngga pernah mikirin sejauh itu. Akhirnya, saya cuma bisa manggut-manggut denger penjelasan dari bapak ini.

“Anak muda zaman sekarang kebanyakan nyoba hal-hal yang aneh-aneh, mereka masih belum ngerti mau ngapain. Akhirnya, kebanyakan dari mereka sia-sia membuang masa mudanya dengan mencoba hal-hal tadi tadi. Ada dari mereka yang tersesat sampe mereka tua, tapi ada juga yang akhirnya sadar. Walaupun gitu, saya pikir kalo kita bisa sadar lebih awal tentang Tujuan Hidup yang dikasih Tuhan, itu lebih bikin kita tenang dan ga khawatir tentang masa depan kita,”

Beliau ngelanjutin kata-katanya. Saya makin sadar, kalo saya masih awam banget soal beginian. Tiba-tiba, saya inget soal konsep yang sama di dunia psikologi, kalo kita ngga bakal bisa ngelakuin apapun dengan nyaman kalo kita masih belum beres sama diri kita sendiri. Akan banyak tenaga yang sia-sia kita keluarin buat ngelakuin hal yang ngga sesuai sama diri kita.

Saya masih belum sadar sepenuhnya tentang tujuan saya hidup di dunia ini. Apa tujuan Tuhan nyiptain saya dan apa sebenernya yang Tuhan mau saya lakukan di dunia ini. Dan, kata-kata dari bapak driver tadi menjadi bagian akhir dari pembicaraan kami. Tanpa sadar, kami sudah sampai ke tempat tujuan. Pertemuan kami berakhir sampai di sini.

“Terima kasih banyak, ya, Pak, buat segala tips dan pencerahannya. Hati-hati di jalan, Pak," ucap saya setelah saya memberikan ongkos perjalanan. Bapak tersebut tersenyum senang, terlihat lega, kemudian dengan cepat berlalu. Pertemuan itu sangat bermakna bagi saya, hingga saya membutuhkan beberapa waktu sampai akhirnya saya beranjak pergi.

Popular Posts

Thank you, 2021

Menyusuri Lorong Kehidupan: Pencarian Terang di Tengah Kegelapan

Menerima kegagalan