Ngga cuma makanan yang bisa dimarinasi

Raditya Dika pernah make kata marinasi yang mana konteksnya bukan makanan. Sejak itu, ngebikin aku sadar kalo marinasi adalah sebuah tahap yang penting banget dalam proses berpikir kreatif. Dan, bukan cuma makanan aja yang bisa dimarinasi biar rasanya lebih enak, tapi ide juga.


Waktu lagi bengong, ngga jarang banget, kan, ada banyak ide-ide baru bermunculan di dalam kepala kita. Saking bagusnya, bikin kita mikir kalo ide-ide tersebut tuh ngebikin kita semangat dan pengin banget buat cepet-cepet eksekusi. Ngga pake lama, ngga pake kebanyakan mikir, langsung tancap gas.

Kayak pengalaman aku sendiri, nih. Dulu, aku pernah kepikiran buat mulai jualan makanan. Nitip di supermarket yang biasa aku datengin. Pemicunya, karena waktu itu, tuh, aku sering banget dateng ke supermarket itu dan ngeliat peluang yang besar buat nitip jual makanan buatan sendiri di sana, karena peluangnya gede banget. Aku ngga tau sama sekali basic dari wirausaha, ya. Modal ingatan pengalaman jualan waktu masih SD, SMP, dan SMK. Dulu aku pernah nyoba buat jualan macem-macem, mulai dari mainan kertas Power Rangers waktu SD, jualan sepatu waktu SMP, sama custom tee waktu awal-awal SMK. Walaupun semuanya ngga bertahan lama, tapi karena adanya pengalaman itulah yang ngebikin aku yakin banget kalo ide jualan makanan ini bakal berhasil, apalagi aku punya background SMK Pastry (tata boga bagian masak-masak kue) yang makin bikin aku pede banget.

Ngga pake lama, langsung eksekusi. Aku mulai beli alat-alat masaknya. Mulai buka-buka lagi buku resep zaman SMK dulu dan nyari, mana menu yang sekiranya belum ada di supermarket itu, dan gimana improvisasi resepnya yang bisa aku bikin. Setelah itu, aku mulai bikin analisis SWOT, modal pengetahuan dari internet. Di tahap ini, semangatku mulai menciut. Tapi, rasa penasaran akan keberhasilan itu masih lebih besar. Jadi, masih lanjut-lanjut aja. Terus, aku juga mulai bikin jadwal latihan masak sendiri. Dalam satu minggu, ada satu hari dimana aku kudu nyoba masak resep A, minggu berikutnya resep B, terus resep C. Nyatet apa kekurangan dan kelebihan dari masing-masing resep. Bikin kesimpulan, dan mutusin resep mana yang mau dipake. Biar beda, kudu mikir lagi, apa, ya yang bisa aku tambahin biar makanan ini, tuh, beda dari yang udah ada?

Sampe akhirnya, aku ngerasa di titik, "kayaknya ngga mungkin, sih, aku lakuin ini semua sendirian." Alasannya? Yap, karena waktu, juga tenaga. Aku ngga punya waktu buat diri sendiri. Di hari kerja, setelah selesai kerja jam 5, aku ngabisin 2 jam-an di dapur buat masak. Sangat menguras tenaga. Besoknya, masak lagi, nyobain, kalo makanan ini difreezer, rasanya beda, ngga? kalo dimasak langsung, gimana? Jadi hampir setiap malam hari di hari kerja aku isi buat eksperimen makanan. Seru, sih, tapi sangat menguras tenaga dan waktu. Belum lagi nanti kalo misalnya udah oke, gimana packingnya? Kapan waktu yang pas buat packing makanannya? Dan nentuin jadwal buat kirim makanan itu ke supermarket, yang mana pasti, bakal aku lakuin sebelum aku berangkat kerja dan... itu artinya aku harus bangun pagi. Belum lagi, pasti, namanya jualan tuh penghasilannya ngga bisa diprediksi. Bisa aja hari ini laku banget, besoknya sepi.

Ribet sekali, bukan? Dengan tenaga seorang diri, status sudah bekerja di sebuah perusahaan, dan karakterku yang ngga mau ribet, ide di atas ternyata menurutku ngga realistis. Ngga cocok sama karakterku yang lebih suka keteraturan dan ketenangan. Lebih terasa capeknya.

Terus, dari cerita di atas, apa artinya buatku?

Coba kita pikir. Di hari pertama aku ngejalanin ide itu, aku langsung beli bahan dan alat ngga menurutku ngga murah pada waktu itu. Nguras duit tabungan, yang mungkin ngga bakal terbuang sia-sia sekarang. Terus, karena ide itu juga ngga jalan, alat-alat masak tadi jadi ngga kepake. Buat aku pribadi yang lagi nyoba buat menjalankan hidup minimalis, hal ini ngeganggu banget. Mau dibuang, sayang... ngga dibuang, ya, bikin risih dan kepikiran.

Inilah artinya. Marinasi ngga cuma buat makanan, tapi ide juga. Coba buat mikirin ide itu lebih lama lagi. Coba buat berani ngeliat kekurangan dari ide-ide itu. Berani menghadapi fakta kalo emang misalnya ide itu ngga realistis buat dijalanin. Kalopun emang ada kemungkinan karena kita bisa liat keuntungannya lebih besar dari kekurangannya, pastiin sekali lagi sampe ide itu bener-bener mateng dan sampe pada titik "inilah waktunya".

Popular Posts

Thank you, 2021

Menyusuri Lorong Kehidupan: Pencarian Terang di Tengah Kegelapan

Menerima kegagalan