Kenapa Aku Nulis Jurnal?

Tulisan ini dibuat tepat setelah aku selesai nulis jurnal pagi hari ini. Kebiasaan nulis jurnal sebelum kerja udah jadi kebiasaanku sejak 4 bulan yang lalu, waktu aku mutusin buat mulai nulis jurnal untuk pertama kalinya. Pemicunya adalah, saat itu, aku lagi berada di situasi di mana aku lagi punya banyak banget hal yang aku pikirin, tapi aku ngga bisa nge-handle pikiran itu semua dengan baik. Output-nya, aku jadi gampang stres, merasa gampang down, ngga pede, merasa terisolasi, dan bahkan menyakiti sendiri baik secara verbal maupun fisik. Aku juga gampang nyalahin diri sendiri, kadang aku bilang kata-kata yang buruk ke diri aku sendiri, dan sampe mukul-mukul kepala kalo udah saking stresnya.

Aku sempat cerita tentang hal ini juga ke mentorku saat itu. Akhirnya, aku mutusin buat pergi konseling online sebelum semuanya terlanjur parah. Aku juga ngerasa semakin lelah ngadepin diri sendiri. Saat itu, aku juga punya sesuatu yang mau aku konsultasiin ke mentor yang mana mengharuskanku membuat keputusan di tengah persimpangan. Jadilah aku menumpahkan semuanya di dalam 1 sesi selama 75 menit.

Sedikit catatan, beberapa hari sebelum sesi konsultasi, aku sempet beli satu buku catatan, yang waktu itu bahkan aku ngga kepikiran buat ngejadiin jurnal. Emang, buku itu aku kasih nama sebagai “Djournal Book”, tapi sebenernya, isinya jauh dari kata jurnaling itu sendiri. Alasannya, saat itu, aku lagi sering-seringnya nonton video tentang teknik scripting buat manifestasi (Law of Attraction). Aku terinspirasi buat mencapai tujuan pribadi, dan memfokuskan diriku ke sana. Jadi, awal-awal isi tulisannya lebih ke kayak cita-cita punya rumah, kerjaan masa depan, target tabungan, blablabla. Di bawah tulisannya, selalu aku kasih tandatangan sama time stamp. Tujuannya, biar suatu saat kalo ada dari salah satu target itu tercapai, aku bisa tau kalo Law of Attraction itu bener-bener mempan sekaligus sebagai bahan nostalgia. Aku hampir ngga pernah nulis tentang isi pikiranku sendiri, ngga pernah nulis tentang keluh kesahku, ngga pernah coba menguraikan masalah apa yang lagi aku alami. Dulu, aku ngga peka banget sama perasaan sederhana, kayak kenapa seharian perasaanku ngga enak. Kenapa aku hari ini ngerasa ngga mood banget. Aku juga ngga pernah coba nanya dan cari tau alasannya. Aku emang tipe orang yang ngerasa kurang nyaman kalau harus cerita masalah pribadi ke orang lain. Bahkan, aku juga jarang banget buat cerita ke JUN, kalo aku ada masalah pribadi. Alasannya, sesederhana aku ngga mau orang lain ngelihat aku lemah. Aku ngga mau dibilang ngga cukup mampu buat ngurusin masalah sendiri. Aku ngga mau dibilang manja.

Ternyata, anggapanku tentang "menahan masalah untuk diri sendiri" selama ini adalah salah besar. Mentorku waktu itu, Mbak Jihan, bilang kalau nyimpen masalah sendiri ngga akan nyelesaiin masalah. Justru perlahan, masalah itu bakal ngerusak diri sendiri. Ibarat kita punya gelas ukuran 500ml. Setiap harinya harus diisi sama 50ml air. Mungkin, hari pertama sampai hari ke sepuluh, gelas itu masih bisa nampung air itu. Tapi, apa yang terjadi di hari ke-11? Mungkin airnya bakal tumpah. Semakin lama, gelas itu ngga bakal bisa nampung air-air itu. Ditambah, kalo gelas itu punya tutup di atasnya, ibarat itu adalah rasa ego kita buat ngga mau ngeluarin ‘air’ yang tumpah itu. Akibatnya, apa yang bakal terjadi? Bisa-bisa, gelasnya pecah. Iya, kitanya jadi burn out, jadi kacau. Dan menurut Mbak Jihan, dilihat dari hasil psiko-testku, aku punya tendensi buat melampiaskan masalah itu ke luar diri aku. Dan karena aku ngerasa ngga punya dan kalaupun ada, aku juga ngga mau berbagi masalahku ke orang lain, bahayanya dari hal ini, aku berpotensi buat menyakiti diri sendiri sebagai cara buat ‘melepaskannya’. Akhirnya, Mbak Jihan kasih aku alternatif dengan cari satu orang yang bisa aku percaya buat jadi tempat curhatku, atau kalau emang ngga ada, minimal nulis jurnal. Tulis semua pikiran-pikiran itu ke dalam buku, dan biarkan tulisan itu mengalir sebagaimana arah pikiranku bergerak. Dan berkat saran yang kedua itu, sekarang aku sudah ngabisin lebih dari 100 lembar kertas di buku jurnal selama 4 bulan ini.

Setiap hari, aku coba buat nulis 1 sampai 2 halaman. Dari yang awalnya aku ngerasa ngga enak dan malu banget buat nulis masalah sendiri di buku jurnal, perlahan aku ngerasa jadi lebih pede dan ngga ragu buat nulis setiap detail masalah yang aku punya. Sekecil apapun itu, aku coba buat mentransfernya ke dalam tulisan. Format penulisan yang aku pake juga macam-macam. Dari yang pertamanya aku coba buat nulis sehari 1 lembar buat harapan dan masalah (karena masih kedikte sama teknik scripting) dan 1 lembar lagi sama highs (hal baik) dan lows (hal buruk), sampai format terbaru yang sampai sekarang aku pake adalah 2 halaman full isinya curhatan dan keluhan semua.

Lalu, apakah itu berpengaruh? Banget. Rasanya, aku ngerasa jauh lebih baik daripada aku yang sebelum punya kebiasaan nulis ini. Aku ngerasa lebih sensitif sama masalah, isu, dan hal-hal sekitar, dan gampang buat langsung nulis hal-hal itu di jurnal. Bahkan, sekarang aku lagi nyoba buat bisa nulis di mana aja. Kayak yang baru-baru ini aku coba buat nulis di dalem bus yang lagi jalan, sama di atas kapal. Setiap ada masalah, aku kayak punya format tertentu yang bisa aku pake buat nyelesaiin masalah itu melalui tulisan. Dengan mulai nulis masalah itu di kertas, pada akhirnya aku bisa nemuin solusi dan sikap apa yang harus aku ambil untuk menghadapi masalah itu di akhir tulisan. Keuntungan lainnya, aku jadi bisa lebih banyak menghasilkan tulisan seperti ini di blogku, yang kebanyakan berasal dari keresahanku. Bahkan, di bulan April lalu, aku bisa nulis sampe 9 entri, yang artinya 2 artikel setiap minggunya, yang jadi rekor pribadi jumlah tulisan terbanyak yang pernah aku hasilin dalam 1 bulan. Dan, masih banyak ide-ide baru yang bisa aku temuin dan aku jadiin ide tulisan selanjutnya. Pada akhirnya, kemampuanku menulis jurnal meningkat beriringan sama kemampuanku mengelola pikiran dan emosi sendiri.

Ada banyak banget sebenernya cara untuk menguraikan masalah. Kalau aku, menulis adalah cara yang paling cocok. Inilah alasannya kenapa aku mulai konsisten nulis jurnal selama 4 bulan terakhir. Karena manfaat yang aku dapetin banyak banget. Kalaupun aku harus berhenti nulis karena ngga sempet, atau lagi males, rasanya bakal beda banget. Dan otomatis, kalo aku ngerasa udah jenuh dan capek, ujung-ujungnya ya nulis jurnal. Kalaupun ngga bisa bikin tulisan di blog, pasti aku bakal tetep nulis di buku.

Kalau kamu sendiri, kira-kira gimana caramu buat mentransfer pikiranmu biar ngga jadi beban?

Popular Posts

Thank you, 2021

Menyusuri Lorong Kehidupan: Pencarian Terang di Tengah Kegelapan

Menerima kegagalan